Welcome ....

selamat datang di Blog Mading Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. di blog ini kami menyediakan beragam informasi seputar fakultas ekonomi di Universitas syiah kuala. demi tuntutan kebutuhan informasi, kami selalu berusaha menyediakan berita-berita terbaru yang ada di fakultas ekonomi universitas syiah kuala.
semoga blog ini bermanfaat bagi para pembaca.... ^_^

Minggu, 13 Februari 2011

Pertumbuhan ekonomi mayoritas diserap golongan atas

JAKARTA - Pengamat Ekonomi, Tony A Prasetyatono, menilai pertumbuhan ekonomi mayoritas diserap oleh golongan menengah ke atas.

"Pertumbuhan ekonomi kita tampaknya lebih banyak diserap oleh golongan menengah ke atas (middle & upper class)," ungkap Tony melalui pesan singkatnya di Jakarta, Selasa (8/2/2011).

Berdasarkan hal ini, dirinya merujuk pada penjualan automotif yang membukukan rekor baru. "Buktinya, terjadi lonjakan penjualan automotif yang mencapai rekor baru yakni 760 ribu unit mobil pada 2010," tambahnya.

Pemerataan, kata dia, tidak dapat dikatakan membaik, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya koefisien Gini, yang berarti salah satu ukuran yang paling sering digunakan untuk mengukur tingkat ketimpangan pendapatan secara menyeluruh.

"Namun pemerataan belum baik, bahkan sedikit memburuk, yang ditandai dengan meningkatnya koefisien Gini dari 0,36 menjadi 0,37," jelas Tony.

Menurut dia, ini tentu akan membawa dampak negatif, dan menimbulkan jarak (gap) karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi terjadi di sektor-sektor yang kurang menyerap tenaga kerja.

"Disparitas kaya versus miskin melebar. Ini disebabkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi terjadi di sektor-sektor yang kurang menyerap tenaga kerja, misal telekomunikasi, transportasi, jasa keuangan,"
papar Tony.

Oleh karena itu, Tony mengimbau agar sektor yang padat karya di manufaktur lebih didukung. "Untuk mengatasinya, perlu didorong sektor-sektor yang padat karya di manufaktur, pertanian, dan pertambangan," tutupnya.(ade)
sumber : (okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi para pengunjung blog, silahkan memberikan kritik dan saran pada kolom komentar yang tersedia.. terima kasih ^_^